Foto bus ScorpionX PO SAN - SCANIA K360 IB
PO SAN
sebagai salah satu perusahaan otobus yang saat ini sedang hangat
dibicarakan penggemar bus Indonesia karena telah menambah Armada busnya
dengan Chassis SCANIA K360 IB dengan body Karoseri Tentrem ScorpionX.
Mungkin ini baru pertama kali PO SAN menggunkan Chassis SCANIA, karena selama kami pernah berkunjung kesana kebanyakan Chassis yang digunakan adalah Golden Dragon atau Volvo dengan mesin Weichai dari China. Tidak heran jika PO SAN menyebut armada Bus nya " SANCHAI" yang artinya PO SAN bermesin Weichai. Satu hal yang menarik dari PO SAN adalah meskipun mereka mengerjakan body bus nya di Karoseri mereka tidak serta merta mengikuti apa yang menjadi produk standar karoseri.
PO SAN selalu meminta karoseri mengerjakan dengan kanstruksi versi PO SAN, jadi meskipun model sama dengan PO lain rancangan konstruksi PO SAN berbeda.
Mungkin ini baru pertama kali PO SAN menggunkan Chassis SCANIA, karena selama kami pernah berkunjung kesana kebanyakan Chassis yang digunakan adalah Golden Dragon atau Volvo dengan mesin Weichai dari China. Tidak heran jika PO SAN menyebut armada Bus nya " SANCHAI" yang artinya PO SAN bermesin Weichai. Satu hal yang menarik dari PO SAN adalah meskipun mereka mengerjakan body bus nya di Karoseri mereka tidak serta merta mengikuti apa yang menjadi produk standar karoseri.
PO SAN selalu meminta karoseri mengerjakan dengan kanstruksi versi PO SAN, jadi meskipun model sama dengan PO lain rancangan konstruksi PO SAN berbeda.
Kita ambil contoh yang terbaru ScorpionX PO SAN di bandingkan dengan
ScorpionX PO Harapan Jaya. Secara general tidak ada yang berbeda, tapi
coba teliti lebih dalam bahwa konstruksinya terdapat perbedaan dan cara
paling mudah untuk melihat perbedaanya adalah pada sisi pintu darurat, semua armada bus PO SAN tanpa pintu darurat.
ScorpionX PO SAN Vs ScorpionX Harapan Jaya |
Pertanyaan, mengapa PO SAN membuat semua armada busnya tanpa pintu darurat ?
Jawabannya adalah "Kekuatan" dimana semua armada bus PO SAN melalui
jalur sumatera yang kita tau jalannya tidak semulus pulau jawa. PO SAN
beranggapan dengan adanya pintu darurat maka pilar-pilar horizontal
lambung terputus, sedangkan pada sebelah kiri sejajar dengan dengan
pintu darurat juga terdapat pintu keluar. jadi kekuatan body bus hanya
mengandalkan pipa pada roof dan juga pipa pada lantai saja. Jadi tidak
heran jika pada roof bagian atas pintu darurat atau di atas pintu
belakang kita sering melihat retak atau patah.
Oleh karena itu PO SAN selalu membuat armada bus nya tanpa pintu darurat
sehingga kekuatan body bisa lebih baik. Meskipun secara konstruksi
Chassis PO SAN juga memiliki racikan sendiri berbeda dengan PO lainnya
untuk menjamin Armada busnya melalui medan yang terjal di Sumatera.
Lihat juga Evonext Versi PO SAN
juga terlihat lebih tinggi dan kokoh meskipun evonext PO SAN ini tidak
di sebuh Evonext HD tetap saja lebih tinggi dari pada evonext standart.
Untuk Foto-foto bus PO SAN ScorpionX - Scania K360 IB : Cooming soon .. :)
Nah sedangkan dalam Peraturan Pemerintah NO 55 tahun 2012 disebutkan
tentang syarat-syarat akses darurat. Ini yang sedang menjadi
perbicangan, karena dalam aturan pemerintah memang tidak di sebutkan
akses darurat harus berbentuk pintu.
Jadi menurut Anda bagaimana, "setuju" atau "tidak" bus tanpa pintu darurat ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar